Rabu, 03 September 2014

Kucing Belang 3

Kucing belang tiga, kucing tiga warna, kucing telon atau kucing kaliko (Inggris : Calico cat) adalah kucing domestik yang memiliki pola bulu tutul atau berwarna parti yang didominasi olah warna putih, dengan warna belang dari dua warna lain (seperti warna oranye dan hitam). Di luar Amerika Utara, pola ini lebih biasa disebut dengan sebutan tempurung kura-kura-dan-putih. Di provinsi Quebec, mereka kadang-kadang menyebutnya dengan sebutan chatte d'Espagne (Bahasa Prancis untuk 'kucing (betina) dari Spanyol'). Nama lain dari kucing ini adalah mi-ke atau 未-毛 (Bahasa Jepang untuk 'kucing belang tiga') dan lapjeskat (Bahasa Belanda untuk 'kucing belang'); kucing belang tiga dengan warna dilusiannya dipanggil dengan sebutan kucing Calimanco atau harimau dahan. Kadang-kadang, kucing belang tiga dikombinasikan dengan pola bulu kucing. Kucing belang tiga dengan belang tabby disebut dengan caliby.
"Belang tiga" hanya merujuk pada pola warna pada bulu kucing, bukan ras kucing. Hal ini tidak masuk ke dalam daftar ras. Ras kucing yang dapat memiliki belang tiga adalah ras Manx, American Shorthair, British Shorthair, Persia, Japanessee bobtail, Exotic Shorthair dan Turkish Van.
Hal ini karena penentuan genetik dari beberapa warna bulu pada kucing ini berhubungan dengan Kromsom X. Kucing belang tiga hampir selalu dimiliki oleh kucing betina, sehingga kucing jantan dengan belang tiga menjadi langka, dan umumnya hal ini karena kucing jantan memiliki gangguan vitalitas dan hampir selau steril.

Kucing belang tiga diyakini membawa keberuntungan dalam cerita rakyat dari berbagai budaya. Di  Amerika Serikat, kadang-kadang kucing ini disebut dengan kucing uang. Bahkan patung kucing bernama Maneki Neko dari Jepang yang diyakini membawa keberuntungan ini juga memiliki tiga warna (kucing belang tiga) pada bulunya. Selain itu, kucing belang tiga juga adalah kucing yang terkenal di negara bagian Maryland di Amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar